Search This Blog

Tuesday, April 6, 2010

Artikel Dunia Kerja " Tips Memberikan Kado untuk Rekan Kerja "

Memasuki bulan Desember ada hal yang seringkali dinanti-nantikan umat Kristiani yaitu Natal. Sederet rencana, baik yang melibatkan teman dan keluarga, maupun rekan kantor dibuat untuk menyambut dan merayakan hal tersebut. Sama halnya dengan Tahun Baru. Di beberapa kantor, seringkali acara tukar menukar kado jadi tradisi informal bagi karyawan yang merayakan Natal maupun Tahun Baru.

Walaupun tidak ada peraturan tertulis dari perusahaan yang mengharuskan hal ini, karena kebiasaan, Anda pun 'terbawa' dengan tradisi tersebut. Memang tidak ada salahnya ikut dalam kegiatan ini karena bisa jadi sarana efektif bagi Anda untuk menjalin hubungan yang lebih erat dengan sesama rekan kerja.

Memilih kado memang susah susah gampang, seringkali ada kekhawatiran kalau hadiah tersebut tidak sesuai dengan selera penerima. Kekhawatiran yang mendasar karena walaupun Anda menghabiskan waktu hingga 40 jam seminggu bersama mereka seringkali hubungan Anda hanya terbatas pada hubungan formal antar professional saja. Anda mungkin mengenal sedikit kepribadian mereka namun tetap saja sulit untuk menebak keinginan sang penerima kado atau apakah dia sudah memiliki barang yang serupa.

Ada beberapa hal yang dan tips yang bisa membantu Anda untuk memilih kado yang tepat bagi rekan kerja, bahkan atasan Anda.

  • Buat budget. Ingatlah bahwa hadiah yang berkesan tidak harus membobol tabungan Anda. Hadiah mahal justru malah membuat rekan kerja Anda tidak nyaman karena bisa saja dikaitkan dengan kepentingan tertentu. Jika ada ketentuan tentang harga minimum dan maksimum kado, tentunya akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan bujet hadiah. Jangan segan untuk menanyakan soal ini jika Anda tidak tahu ke rekan kerja maupun HR department. Terlebih lagi jika Anda adalah karyawan baru.
  • Jangan berikan hadiah yang terlalu personal. Contohnya seperti pakaian, peralatan mandi atau parfum, bahkan jika Anda memiliki 'crush' dengan rekan kerja Anda. Keep the present professional. Lagipula ini adalah event formal yang diadakan kantor.
  • Jika Anda ingin memberikan hadiah untuk boss atau atasan Anda, jangan berikan benda yang terlalu mahal. Selain ada peraturan tentang berapa jumlah yang bisa Anda habiskan untuk kado, percayalah hadiah tersebut akan dilihat sebagai suap atau cara Anda untuk 'menjilat' atasan. Berikanlah hadiah sederhana seperti buku, agenda atau makanan yang digemarinya.
  • Berikan hadiah di luar kantor. Jika Anda memiliki sahabat di kantor dan ingin memberikan hadiah istimewa, jangan lakukan dalam acara ini. Berikan hadiah istimewa di luar kantor dalam suasana dan acara yang berbeda. Perbedaan hadiah yang terlalu mencolok bisa menimbulkan rasa 'iri' dari rekan kerja yang lain.
  • Perhatikan dengan hadiah makanan. Jika Anda tidak terlalu kenal dengan rekan kerja Anda, sebisa mungkin jangan berikan hadiah makanan, meskipun jenis makanan tersebut kebanyakan disukai orang. Mungkin saja tanpa Anda ketahui rekan tersebut menderita suatu alergi tertentu atau pantang terhadap suatu jenis makanan.
  • Beberapa ide kado yang bisa Anda hadiahkan ke rekan kerja antara lain adalah
  1. Alat tulis kantor seperti paper clip, pulpen, tip ex, pensil, glue stick, agenda, post in notes. Kado ini pasti akan sangat berguna untuk kegiatan sehari-hari di kantor. Letakkan dalam keranjang dan bungkuslah dengan kertas kaca seperti parsel.
  2. Bantal kursi. Ada berbagai macam bantal yang bisa menambah kenyamanan bekerja seperti yang mengikuti lekuk leher, bantal kursi penyangga punggung atau model yang sederhana sekalipun. Untuk karyawan yang bekerja dan duduk 8 jam sehari hadiah ini akan mereka hargai.
  3. Buku. Perhatikan kepribadian penerima kado dan sesuaikan dengan jenis buku yang ingin Anda berikan. Pastikan buku tersebut tidak akan hanya jadi penghias meja kerjanya nanti. Jangan berikan buku motivasi jika rekan kerja Anda adalah seorang comic freak dan jangan berikan buku sastra 'kelas berat' jika teman Anda kelihatannya sangat tenggelam dalam dunia TI. Singkat kata, pandai-pandailah melihat bacaan favorit mereka.
  4. Voucher belanja. Memang akan terkesan tidak ada sentuhan personal, namun terkadang voucher belanja adalah hadiah yang paling 'aman' dan paling diminati penerima karena mereka bisa menggunakannya sesuai dengan keinginan mereka.

Sumber : http://www.jobsdb.co.id/ID/EN/Resources/JobSeekerArticle/tips_kado?ID=211

Bookmark and Share

No comments:

Post a Comment